PROFIL

Kecamatan ALLA terletak di ujung Selatan Kabupaten Enrekang yang berbatasan dengan :

U t a r a            : Kecamatan BAROKO dan KAB Toraja

T i m u r            : Kecamatan Curio dan Malua

S e l a t a n        : Kecamatan Anggeraja dan Malua

B a r a t            : Kecamatan Masalle

Kecamatan ALLA yang terdiri atas 1 Kelurahan 21 Desa,  3 Lingkungan, 74 Dusun, 154 RK, dengan jumlah  penduduk 25.590 Jiwa yang terdiri dari Laki – Laki 13.031 Jiwa, Perempuan 12.559 Jiwa dengan KK 6.249. Ibukota  Kecamatan  berkedudukan di baroko Kelurahan BAROKO.

Luas Desa, Jarak KM dan Ketinggian dari Permukaan Laut sesuai Tabel  dibawah ini :

Pendayagunaan aparatur negara/pemerintah secara menyeluruh harus dilakukan secara bertahap dan berencana dengan penentuan gagasan-gagasan dan prioritas yang realistis dan menuntut kesungguhan serta tekat aparatur pemerintah untuk dapat menanggapi peningkatan tugas dan tanggung jawab yang dibebankan negara kepadanya. Dengan lahirnya undang-undang Nomor.32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah, undang-undang Nomor.33 Tahun 2004 tentang perimbangan keuangan antara pemerintah pusat dan daerah, undang-undang Nomor.25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dengan berbagai produk hukum pelaksanaan lainnya yang terjadi di Indonesia telah mengakibatkan terjadinya pergeseran paradigma penyelenggaraan pemerintahan dari sentralistik kearah desentralisasi yang ditandai dengan pemeberian otonomi daerah yang luas, nyata dan bertanggung jawab. Pemeberian otonomi ini dimaksudkan untuk lebih memandirikan daerah dalam  upaya pemeberdayaan masyarakat (empowering), kedekatan pelayanan serta percepatan pembangunan khususnya kabupaten/kota dalam kawasan timur Indonesia.
Berkaitan dengan penyediaan dokumen perencanaan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah adalah kunci keberhasilan dalam pencapaian tujuan-tujuan pembangunan organisasi Kantor Kecamatan ALLA Kabupaten Enrekang. Perencanaan hendaknya mampu menjamin bahwa pembangunan daerah menuju kearah yang tepat sesuai dengan tuntutan internal dan eksternal, ditunjang oleh potensi sumberdaya yang tersedia. Pembangunan daerah pada dasarnya merupakan upaya perubahan dalam berbagai bidang dan aktivitas kehidupam masyarakat menuju kearah pertumbuhan kualitas sumber daya manusia. Untuk memenuhi hal ini diperlukan perencanaan yang tepat dan dapat dipercaya dengan menggunakan berbagai metode dan prosedur yang dapat dipertanggungjawabkan, baik dalam aspek legal-formal maupun aspek akademik. Kantor Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang merupakan kelembagaan daerah yang mendapat amanat atau mandate untuk melaksanakan fungsi pelayanan public, koordinator pembangunan dalam lingkup kecamatan di Kabupaten Enrekang. Proses perencanaan dilakukan untuk menghasilkan berbagai dokuman rencana pembangunan baik jangka panjang (20 tahun) , jangka menengah (5 tahun) maupun perencanaan tahunan daerah. Dalam melaksanakan tugas yang diemban Kantor Kecamatan BAROKO  Kabupaten Enrekang masih perlu meningkatkan kapasitasnya dalam menangani proses tersebut, agar lebih efektif, efisien dan berkualitas sesuai proses dan mekanisme yang telah diatur.
Melalui media ini Kantor Kecamatan ALLA Kabupaten Enrekang berupaya untuk memeberi informasi kepada masyarakat mengenai segala hal kegiatan dan pelayanan serta keadaan masyarakat dan potensi yang terdapat di Kecamatan  ALLA sebagai wujub traparasi Pemerintahan Kecamatan Maiwa kepada masyarakatnya.